<div style="background-color: #db112c;"><a href="http://www.adamazer.com/" title="">amazon banners</a></div>

Analisis Berita: Norma-norma Internasional Diperlukan Untuk Menjaga Dunia Maya.

Beijing.Indonesiaxpost – wdunia mayaahyu Mantan agen mata-mata kontraktor Edward Snowden tentang mengintip luas oleh otoritas keamanan negaranya telah memicu putaran baru jari-menunjuk pada isu-isu dunia maya di arena dunia.

Pertengkaran, seperti demam, terkadang bukan hal yang buruk. Mereka menaikkan alarm terhadap urgensi untuk mengatasi akar penyebab masalah – dalam hal ini, kurangnya norma-norma internasional untuk memerintah dunia maya, kata para ahli yang berpartisipasi dalam Forum Perdamaian Dunia 2013 di Beijing pada 27-28 Juni.

Mereka juga memperingatkan skala pencurian cyber begitu besar sampai-sampai akan merugikan kepentingan nasional banyak negara di mana Internet telah menjadi infrastruktur yang penting memainkan peran penting dalam bidang-bidang seperti ekonomi, pembangunan sosial dan pertahanan nasional.

Banyak negara menjadi semakin rentan terhadap serangan cyber, mantan duta besar AS untuk Cina J. Stapleton Roy mengatakan, mencatat masalah ini telah menjadi fokus dari sejumlah besar pemerintah di seluruh dunia.

 Selain itu, keamanan dunia maya telah menjadi iritan utama dalam beberapa hubungan bilateral, menyakiti rasa saling percaya dan persahabatan antar negara, Roy mengatakan.

Chen Xiaogong, anggota Luar Negeri Komite Kongres Rakyat Nasional, menggambarkan ruang cyber sebagai medan pertempuran baru, memperingatkan bahwa jika negara-negara harus memungkinkan lengan maya berlomba untuk mengambil tempat, itu bisa menimbulkan konsekuensi buruk dari perang nuklir.

Mengakui urgensi mengandung mengharubirukan dunia maya dan mengatur norma-norma internasional yang relevan, para ahli juga menyatakan optimis atas kemampuan masyarakat dunia untuk melakukannya.

Para ahli mencatat bahwa China dan Amerika Serikat, dua negara ekonomi terbesar di dunia, telah menempatkan isu keamanan dunia maya di atas kerjasama mereka.

Presiden Cina Xi Jinping dan mitranya dari Amerika Serikat Barack Obama menyoroti pentingnya keamanan cyber pertemuan mereka awal bulan ini di negara bagian California, AS.

Sementara itu, kedua negara telah mempersiapkan sebuah kelompok kerja khusus dalam keamanan cyber dan mereka telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan tingkat tinggi pada bulan Juli.

Namun, wahyu mengejutkan oleh Snowden hacking luas oleh US National Security Agency di China Hong Kong telah menyebabkan keprihatinan serius dari Beijing.

“Amerika Serikat menginginkan solusi cepat untuk masalah ini dan meminimalkan pengaruh negatif pada hubungan AS-China,” kata profesor hubungan internasional Jia Qingguo dari Universitas Peking Xinhua.

“Tapi kuncinya terletak pada berapa banyak kemajuan kedua negara akan mencapai dalam dialog strategis dan ekonomi bulan Juli. Jika mereka dapat membuat kemajuan yang berarti, dampak negatif Snowden pada hubungan bilateral akan diperbaiki segera.”

┬áPara ahli Cina menyarankan Beijing dan Washington mencoba untuk menemukan alasan umum yang lebih luas pada kerjasama cyber. Kedua negara memiliki banyak kepentingan bersama dalam mencegah serangan cyber pada infrastruktur, militer dan bahkan fasilitas nuklir, yang “bisa mengerikan seperti terorisme.”

Pada program mata-mata Internet, kedua negara mungkin perlu untuk menyusun kerangka karena ada garis tipis antara serangan dan pengumpulan informasi, kata ahli.

Namun, keamanan dunia maya jadi masalah multilateral daripada yang bilateral, yang tidak dapat direalisasikan dengan kerjasama hanya antara China dan Amerika Serikat, kata Chen.

Dia menyarankan negara anggota PBB dan organisasi global lainnya sebagai platform untuk melaksanakan perundingan multilateral mengenai keamanan cyber dan menyusun aturan. ( Xinhua/leg)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Admin

Mengungkap Kebenaran Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*